Headline

Wamenkes: 76,4 Juta Masyarakat Dapat Jaminan Kesehatan

Jakarta – Pemerintah menyebutkan sebanyak 76,4 Juta penduduk Indonesia mendapatkan Jaminan Kesehatan Masyarakat.

Wakil Menteri Kesehatan, Ali Ghufron mengatakan masyarakat yang mendapat jaminan sosial kesehatan ini meliputi penduduk yang dikategorikan miskin, rentan miskin, hampir miskin dan sangat miskin.

“Untuk kesehatan bukan bicara hanya untuk orang miskin, tapi juga untuk orang yang rentan miskin, yang berarti orang yang sebentar kaya sedikit jatuh miskin lagi. Dan kalau dia jatuh sakit apalagi sakitnya sakit yang sifatnya memerlukan biaya cathastropic, atau biaya yang besar,” papar Ali kepada detikFinance, Senin (2/7/2012).

Ali menyebutkan, orang miskin yang mendapatkan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) hanya berkisar di angka 30 juta orang.

“Di dalam kesehatan itu tidak hanya orang miskin, dalam jaskesmas itu 74,6 juta tidak hanya orang miskin jangan salah itu. Kalau yang miskin hanya sekitar 12,36%, kira-kira orangnya 30 juta. Sekali lagi jangan salah artikan kalau orang miskin tambah banyak,” tegasnya.

BPS mencatat pengkategorian untuk masyarakat miskin, rentan miskin, hampir miskin ini berlandaskan atas 26 variabel.

“BPS itu punya kriterianya, ada 14 variabel. Dinilai berdasarkan luas lantainya, incomenya, ada 14 dan sekarang disempurnakan menjadi 26 variabel,” tambah Ali.

Adapun ke 26 variabel tersebut ialah :

Nama, Umur, Jenis Kelamin, Status Perkawinan, Hubungan dan kepala rumah tangga dan keluarga, Kepemilikan kartu identitas, Kecacatan, Penyakit kronis, Keterangan kehamilan, Partisipasi sekolah, Pendidikan tertinggi, Lama sekolah, Mempunyai pekerjaan, Lapangan usaha, Status pekerjaan, Kepemilikan rumah tinggal, Luas lantai, Jenis lantai terluas, Jenis dinding terluas, Jenis atap terluas, sumber air minum, Cara memperoleh air minum, Sumber penerangan utama, Bahan bakar utama memasak, Kepemilikan jamban, Kepemilikan asset, Kepersertaan dalam program KB dan program klaster 1.

www.detik.com

Related posts:

What Next?

Related Articles