Headline

Penyebab Klaim Asuransi “RIBET”

Pernahkan mengalami pengalaman buruk ini, klaim asuransi sudah  minta ampun dan ribet sekali

Apa sebenarnya penyebab hal tersebut ?

Kalo di telusuri penyebab nya hal hal ini  yang terjadi :

Pengajuan Klaim Terlambat dari Ketentuan Polis

Sering kali hal ini dinggap sepele oleh kita sebagai konsumen, ketika terjadi resiko baik kecelakaan atau yang lain kita menunda nunda untuk tidak membuat laporan tertulis kepada pihak asuransi dan kita lupa membaca kembali isi ketentuan batas maksimal yang di tentukan dalam polis, jika terjadi sesuatu atas asset kita apa yang harus segera kita lakukan.

Untuk menghindari penolakan klaim akibat luap melaporkan dan melewati batas waktu pelaporan klaim ada baik segera menghubungi dan memberitahukan secara lisan laporan klaim kita, dan mencatat siapa penerina laporan klaim Awal dari PIC di asuransi kalo perlu buat rekaman percapakan Anda melalui telephone celular agar Adan memiliki bukti sudah melaporkan secara lisan terlebih dahulu.

 

Klaim Tidak Di Cover oleh Jaminan Polis

Kejadian ini paling sering terjadi, salah mengerti akan jaminan apa saja yang ada dalam polis asuransi yang kita beli. Kesalahan ini bisa tejadi karena penjelasan yang kurang dari marketing asuransi yang menangani Anda. Untuk menghindari hal tersebut, ketika saat membeli asuransi tanyakan secara mendetail jaminan apa saja yang “PASTI” di cover oleh produk asuransi yang Anda Beli, berapa resiko sendiri dan tata cara klaim. Apabila Anda membeli melalui Konsultan Asuransi agen ataupun broker hal tersebut tentunya tidak menjadi problem buat Anda karena pihak Konsultan akan membantu Anda dalam pengurusan klaim asuransinya

Data Tidak Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Kekurangan dokumen juga sering menjadi kendala sehingga proses klain tak kunjung cair dari pihak asuransi, dalam hal ini komunikasi yang tidak jelas dari petugas asuransi juga bisa menjadi penyebabnya. Ada baiknya Dan tanyakan dan mintakan secara tertulis dokumen asuransi apa saja yang diminta dipenuhi agar tidak bolak-balik dan klaim tidak cair karena alasan kekurangan dokumen. Jika Anda sebuah korporasi atau perusahaan dan mengunakan broker atau konsultan asuransi penangangan klaim asuransi dalam jumlah besar bisa di handle oleh perusahaan loss adjuster yang ditunjuk. Ini adalah satu keuntungan mengunakan jasa konsultan atau broker dalam pembelian asuransi untuk asset Anda.

Premi Belum Di Bayar

Kejadian ini sangat fatal, Premi asuransi belum di bayar dan sudah melewati masa tenggang waktu pembayaran. Untuk menghindari hal tersebut pastikan Anda segera membayar premi asuransi Anda setelah pengajuan Anda disetujui pihak asuransi

Polis Expired Dan Lupa Di Perpanjang

Polis sudah selesai periodenya juga hal fatal yang sering terjadi, terlambat hitungan menit saja kejadian klaim bisa terjadi jika Anda tidak melakukan perpanjangan asuransi jauh jauh hari sebelumnya. Kejadian yang terjadi adalah ketiak suatu perusahaan mengasuransikan pabriknya dari resiko kebakaran, ketika polis akan jatuh tempo masa periodenya, pemilik perusahaan tidak segera mengkonfirmasi perpanjangan polis walaupun sudah menerima pemberitahun polis agar dapat diperpanjang oleh pihak asuransi, namun surat tersebut tidak segera di konfirmasi. Alhasil ketika hari “H” + 30 menit polis sudah berkahir terjadilah kebakaran hebat di pabriknya. DAn sang pemilik buru mengkonfirmasi perpanjangan polis  dan mengajukan klaim, ketika pengajuan klaim sudah pasti Asuransi akan menolak Klaim yang di ajukan.

Belum punya asuransi simulasikan premi asuransi anda disini

asuransi88

 

[yasr_overall_rating size=”small”]

Related posts:

What Next?

Recent Articles