Headline

Coverage Resiko Banjir untuk Asuransi Mobil

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Julian Noor, mengatakan produk asuransi banjir kendaraan bermotor yang kini sedang dikaji oleh industri asuransi akan dipertimbangkan untuk dijual secara terpisah dari produk umum asuransi kendaraan bermotor.
“Kami lihat arah kajiannya ke depan dan juga permintaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memisahkan cover resiko banjir itu untuk dijual sendiri,” ujarnya usai acara sosialisasi pemetaan rate untuk resiko banjir di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesiia (AAUI) di Gedung Permata Kuningan, Jakarta akhir pekan lalu.
Saat ini, produk asuransi resiko banjir merupakan perluasan dari produk asuransi umum resiko kendaraan bermotor. Julian menjelaskan saat ini, Asosiasi tengah mengkaji penyebaran kendaraan bermotor dan data kerugian banjir pada Januari yang lalu.
“Kami membutuhkan stabilitas peta dan statistik yang bisa dimodelkan untuk menebak resiko kerugian banjir mendekati 95 persen,” ujar dia.

Julian memaparkan, peta modelling yang bisa memprediksi kerugian dari resiko dan mendekati 95 persen baru berlaku untuk pemetaan resiko gempa bumi. Sedangkan untuk  asuransi kendaraan bermotor, industri asuransi masih mengkajinya. Juga data terbaru mengenai kerugian kendaraan bermotor sejak Januari lalu, masih berlangsung.

“Hampir semua bengkel penuh dengan mobil-mobil yang di repair dan di-cover asuransi, masih banyak antrian mobil yang belum bisa diperbaiki,” kata Julian.

Ia mengungkapkan, lokasi asal kendaraan dan lokasi mengalami kebanjiran juga akan mempengaruhi pemetaan serta resiko. “Sehingga, saya belum bisa mengungkapkan untuk penzonaan. Kami lihat dulu penyebarannya seperti apa,” katanya.

Julian berharap, peta modelling bagi data resiko kendaraan bermotor dapat segera dirampungkan untuk digunakan sebagai acuan menetapkan premi produk yang akan dijual secara terpisah. Ia mengupayakan agar produk asuransi kerugian banjir bagi kendaraan bermotor bisa dijual akhir tahun ini.

Bagaimana dengan asuransi kendaraan Anda?, jika masih bingung memilih atau belum memiliki pengetahuan tentang asuranasi mobil bisa klik di link ini untuk mendapatkan penawaran asuransi mobil terbaik. di www.asuransimobilterbaik.com atau hubungi hotline kami di 021-36749491 (from tempo.co)

 

Related posts:

What Next?

Recent Articles