Headline

Cara Praktis Cek Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi

Hmmm…sudah punya polis asuransi atau berencana membeli polis asuransi tapi ragu apakah perusahaan asuransi tersebut sehat dan fit secara keuangan.

Caranya sangat mudah Anda bisa melihat laporan keungan perusahaan asuransi tersebut yang bisa Anda dapatkan dari media koran atau Anda bisa memintanya dari agent atau marketing asuransi yang mewakili perusahaan tersebut.

Standard pengukuran yang di tetap kan oleh pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan adalag Solavbilitas dan Modal perusahaan tersebut.

1. Solvabilitas perusahaan minimal 125%

2. Modal Perusahaan asuransi kerugian 100 Milyard

Solvabilitas biasa di sebutkan dalam neraca keuangan RBC singkatan dari Risk Base Capital dan ini wajib di sebutkan dalam laporan keuangan dimana  mengambarkan tingkat solvabilitas perusahaan asuransi tersebut. Jika prosentase dibawah 125% bisa di golongakn kurang solvabilitas.

Dan saat ini pemerintah terus meningkatkan ketentuan modal dasar tersebut dan menghimbau agar perusahaan asuransi ber modal cekak dapat bergabung atau merger ke depannya .

Modal dasar ditetapkan oleh pemerintah sebesar 100 Milyard untuk asuransi kerugian.

Selain kedua faktor diatas, perlu juga di lihat siapa saja pemegang saham saat ini, bagian mana pemengang saham terbesar nya dan Bagaimana perkembangan perolehan premi asuransinya. Apakah perusahaan aktif bergerak dan melakukan penetrasi market atau cenderung pasif namun perolehan premi besar. Darimana perolehan preminya ? Kalo ternyata perolehan premi besar namun Anda tidak melihat adanya aktifitas perusahaan tersebut aktif id market ada kemungkina perolehan preminay berasa dari anak perusahaan atau group perusahaan tersebut.

Nah, silahkan melakukan pengecekannya ya…sebelum Anda memutuskan melakukna kontrak asuransi dengan perusahaan tersebut.

 

 

 

Related posts:

What Next?

Related Articles