Headline

Beli Asuransi Unit Link ? Mengapa Tidak …

Akhir-akhir ini saya sering mendengar dari beberapa orang yang ngakunya pakar Perencana keuangan berbicara tentang kekurangan produk asurani unitlink.

Kalo kita cermati lebih lanjut dari beberapa komentar dan pendapat ini.  Sebenarnya bukan kapasitas seorang perencana keuangan mengkomentari negatif atau buruknya suatu produk financial. Bukankah tugas perencana keuangan adalah memberikan arahan rencana keuangan seseorang yang sedang berkonsultasi dengannya agar tercapai untuk menuju suatu kondisi keuangan tertentu. Dan untuk mencapai kondisi keuangan tertentu itu mungkin akan mengunakan salah satu instrument produk keuangan ( Loan, Saving, Insurance dsb).

Asuransi Unitlink baik atau buruk dilihat dari sisi mana dahulu dan siapa yang mengunakan atau membelinya. Apabila di katakan negatif dengan biaya akuisisi yang besar, pertanyaan berapa besar biayanya ? Cek dan lihat kembali lebih detail dan bandingkan juga dengan berapa besar pula biaya anda untuk sekali berkonsultasi dengan perencana keuangan atau tidak sesuai dengan fungsinya sebagai proteksi dsb, tentu harus dilihat dulu siapa yang membelinya.

Jika orang tersebut memang memiliki dana dalam jumlah besar dan memiliki keahlian berinvestasi di instrumen lainnya dan merasa yakin apabila dana mengendapnya berkembang lebih besar daripada di belikan produk asuransi unitlink tentu akan mengatakan produk unitlink kurang bagus karena tujuan keuangannya yang di harapkan tidak tercapai dengan target atau tujuannya

Kemudian pertanyaannya bagaimana dengan yang memiliki dana terbatas dan tidak memiliki pengetahuan bahkan pengalaman mengunakan produk investasi lain.  Bukannya nanti malah untung malah-malah jadi buntung kalo Anda mengikuti jejak atau saran orang yang hanya sekedar ikut-ikutan. Contoh kasus banyak orang merasa ditipu karena rugi besar ketikan bermain dalam pasar uang atau perdagangan emas karena kurangnya keahlian dan pemahaman akan produk tersebut. Jika perencana keuangan menyarankan Anda mengunakan product tersebut, tunggu dulu ….jika terjadi kerugian siapakah yang menanggungnya ?

Jadi kesimpulannya tidak perlu ikut-ikutan “anti” dengan produk unitlink, cermati dan teliti baik-baik setiap produk atau intrument keuangan yang ingin Anda beli. Jika itu pas dengan kondisi Anda saat ini tidak salahnya membeli produk tersebut termasuk juga asuransi unitlink.

Cermati, teliti dan gali informasi produk tersebut sebanyak mungkin dan ambil keputusan yang tepat.

 

 

Related posts:

What Next?

Related Articles