Headline

Asuransi Mobil yang Bagus? TLO atau All Risk?

perbedaan-benefit-tlo-all-risk-dan-gabungan

Membeli mobil lengkap dengan asuransi adalah pilihan terbaik. Hal ini telah disadari oleh sebagian besar orang. Namun, untuk memastikan perlindungan yang tepat bagi mobil masih menjadi hal yang membingungkan bagi banyak orang. Banyak yang tidak terlalu memikirkan mengenai mana jenis asuransi mobil yang bagus yang akan dipilihnya sesuai dengan keinginan dan kondisi keuangannya.  Hal yang perlu diperhatikan adalah setiap perusahaan memiliki produk asuransi yang berbeda. Contohnya, produk asuransi mobil dari Allianz yang memberikan produk dalam 3 kategori yaitu basic, standard an premier. Atau, asuransi kendaraan bermotor dari ACA yang memberikan layanan tambahan otomate, bagi pelanggan yang berada diwilayah Jabodetabek, Sukabumi, Bandung, dan Semarang. Karena, perbedaan pemberian nama produk inilah perlu untuk mencermati dengan seksama sebelum memutuskan untuk menggunakan produk asuransi mobil tertentu.

Meski demikian, setiap perusahaan asuransi mobil yang bagus memiliki nama produk yang beragam dan unik. Terdapat beberapa tipe produk asuransi yang umumnya beredar dipasaran saat ini. Jenis asuransi ini adalah TLO dan All Risk atau gabungan antara keduanya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua jenis ini:

  1. TLO (Total Lost Only): Produk jenis ini artinya tanggung jawab penanggung (perusahaan asuransi) dalam memberikan jaminan perlindungan bagi pemegang polis hanya pada saat mobil tertanggung mengalami kehilangan total ataupun kecelakaan fatal hingga 75% pada masa pertanggungan. Sehingga jika kecelakaan ringan yang menimpa kendaraan maka pihak asuransi tidak akan bertanggung jawab. Selain itu, umumnya jenis asuransi ini tidak mengembalikan uang premi Anda, jika Anda tidak pernah mengajukan klaim hingga masa pertanggungan selesai. Biasanya premi yang dibayarkan untuk produk jenis ini lebih murah.
  2. All Risk: Produk jenis ini artinya penanggung (perusahaan asuransi) akan bertanggung jawab dalam memberikan jaminan perlindungan menyeluruh bagi pemegang polis. Artinya, hampir semua kerugian yang dialami tertanggung berkaitan dengan mobilnya akan dialihkan pada penanggung. Mulai dari lecet akibat keserempet, spion patah, stoplamp pecah, hingga kecelakaan besar menjadi tanggung jawab penanggung. Selain itu, asuransi jenis ini biasanya akan mengembalikan beberapa persen dari uang premi jika tidak ada klaim selama masa pertanggungan. Karena meng-cover kerugian yang lebih luas, maka premi untuk jenis ini akan lebih mahal.
  3. Kombinasi: Sudah banyak sekali perusahaan yang memkombinasikan produknya dari TLO dan All Risk. Sehingga, cakupan asuransinya biasanya akan lebih luas lagi. Kombinasi ini bisa dilihat dari sisi waktu. Contoh, jika baru membeli mobil sebaiknya menggunakan TLO untuk 2-3 tahun pertama, untuk seterusnya menggunakan All Risk. Selain itu, perhatikan jenis kendaraan Anda. Apakah kerusakan kecil pada kendaraan dapat ditanggung dompet?, dll.

Untuk mendapatkan manfaat yang efektif dari produk asuransi mobil yang bagus, sangat penting untuk memiliki pengetahuan yang benar tentang berbagai produk, sebelum menentukan pilihan. Karena, pilihan yang tidak tepat akan membuat Anda mengalami ketidakpuasan dalam pelayanan yang diberikan. Menggali informasi dan bertanya sebanyak mungkin pada pakar asuransi ataupun pada perusahaan calon penanggung sangatlah penting. Jika telah memiliki pengetahuan yang sesuai, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk asuransi mobil.

Related posts:

What Next?

Recent Articles