Headline

Memahami Polis Asuransi Jiwa dan Seberapa Pentingkah ?

Setiap orang pasti akan mengalami kematian. Namun, kapan, dimana dan bagaimana kematian itu menimpa seseoranglah yang merupakan suatu misteri yang tidak diketahui oleh setiap orang. Meskipun, semua orang berharap untuk dapat mencapai usia tua dengan tetap sehat dan produktif pada, kenyataannya tidak semuanya dapat mewujudkannya. Banyak yang mencapai kematian terlalu cepat dari harapannya ataupun yang memiliki masa hidup lama, namun, sudah tidak produktif karena kesehatan dan kemampuan tubuh yang melemah. Untuk, menghadapi situasi tak terduga seperti sakit-penyakit, kecelakaan bahkan kematian inilah  asuransi jiwa menjadi sebuah kebutuhan.

Jika masih belum ada yang memahami apa itu polis asuransi jiwa? Maka mari simak tulisan ini. Polis adalah tanda/surat perjanjian pertanggungan. Jadi  polis asuransi jiwa adalah perjanjian asuransi jiwa atau pertanggungan bersifat konsensual (adanya kesepakatan), yang harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian. Kesepakatan ditentukan oleh pemegang polis dan penanggung. Berdasarkan pasal 304 KUHD, polis asuransi jiwa biasanya memuat:

  • Tanggal dan hari pembuatan bergabung dalam asuransi: Hari dan tanggal perlu dicantumkan agar diketahui sejak kapan resiko mulai menjadi beban
  • Nama tertanggung/pemegang polis: Perlu dicantumkan agar diketahui bahwa orang itu yang bertanggungjawab untuk membayar premi pada pihak penanggung. Selain itu, jika masa waktu asuransi telah berakhir maka orang tersebutlah yang berhak menerima uang santunan atau pengembalian dari penanggung.
  • Nama orang yang jiwanya diasuransikan: seseorang yang akan menerima manfaat dari asuransi. Orang tersebut bisa tertanggung atau seseorang yang diberikan hak oleh tertanggung untuk menerimanya. Biasanya orang tua yang mengikuti asuransi jiwa akan memasukkan anaknya untuk menerimanya sebagai pihak ketiga.
  • Saat mulai dan berakhirnya evenemen. Evenemen yaitu masa dimana resiko menjadi beban penanggung.
  • Jumlah uang yang diasuransikan
  • Premi yang harus disetor

Asuransi jiwa dapat berlangsung seumur hidup tertanggung ataupun dalam jangka waktu tertentu, tengantung kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak dalam polis asuransi jiwa. Selain itu, mengenai besarnya uang yang diasuransikan ditentukan oleh kesepakatan, tergantung perhitungan penanggung dan tertanggung, jumlah tersebut biasanya tergantung oleh manfaat yang hendak diberikan tertanggung pada ahli warisnya. Hal ini, berbeda dengan premi karena premi akan ditentukan berdasarkan uang yang diasuransikan dan waktu asuransi serta pendapatan tertanggung.

 

468x60

Berdasarkan penjelasan diatas, apakah polis asuransi jiwa penting bagi kita? Cobalah perhatikan ilustrasi berikut:

Dibumi yang kita tinggali ada siang dan malam. Pada saat malam tentunya gelap. Untuk membuat suasana malam hari tidak begitu gelap dan menakutkan maka ada listrik dan lampu ataupun listrik. Atau pada saat terjadi hujan dan kita berada diluar rumah. Jika tidak ingin basah kuyup, maka kita akan menggunakan payung. Apakah saat menggunakan lampu atau lilin kegelapan malam menghilang atau saat menggunakan payung hujan tiba-tiba mereda? Tentunya tidak, namun dengan menggunakan lilin/lampu kegelapan akan berkurang, atau dengan payung kita tidak menjadi basah. Seperti itulah polis asuransi jiwa

Menyadari pentingnya memiliki polis asuransi jiwa, maka disarankan untuk memulainya sedini mungkin. Tidak perlu menunggu saat sudah berumah tangga, atau mencapai usia tertentu. Ketika Anda telah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, tidak ada salahnya untuk memiliki asuransi jiwa.

Jika masih bingung mengenai berbagi hal mengenai polis asuransi jiwa, cara menghitung besarnya uang yang diasuransikan, memilih asuransi jiwa terbaik, dll, maka silahkan mengunjungi asuransi88.com dan simulasi asuransi jiwa Anda juga tersedia di website ini, tinggal masukan permintaan produk asuransi jiwa Anda akan muncul beberapa pilihan produk asuransi jiwa pilih produknya dan mintakan ke agent asuransi yang terdaftar agen asuransi perusahaan yang produknya anda pilih akan melayani anda dengan memberikan presentasi produk dengan baik.

silahkan mencoba simulasi asuransi jiwa Anda

Related posts:

What Next?

Recent Articles