Headline

Apakah Polis Asuransi Mobil menjamin dari Resiko Banjir dan Angin Topan ?

[yasr_visitor_votes size=”medium”]

[yasr_overall_rating size=”medium”]

 

Memasuki bulan oktober ini, musim hujan dan cuaca yang kurang baik akan segera tiba.

Nah, jika ada pertanyaan mengenai apakah polis asuransi mobil  menjamin Resiko Banjir atau Angin Topan ?

Jawaban tentu tergantung Polis asuransi yang Dibeli . Polis asuransi mobil memiliki dasar jaminan hanya 2 saja

  • TLO atau Total loss Only
  • Comprehensive atau ALL Risks

Nah, apabila kita membeli polis Paket asuransi mobil dengan jaminan All Risk yang sudah di sediakan oleh perusahan asuransi penjual produk asuransi mobil ini. Lihat kembali tambahan perluasan jaminan apa saja yang ada didalammnya.

Ingat Bahwa Resiko Banjir dan Angin Topan di kecualikan dalam polis standard asuransi mobil ini, Resiko ini bisa di jamin oleh pihak Asuransi apabila polis dilengkapi dengan perluasan Resiko tersebut dengan penambahan Klasula

Akibat Resiko Banjir dan Angin topan atau biasa disebutkan secara lengkap dalam Klausula AOG (Act of God)

Jadi perlu berhati-hati karena polis ALL RISK tidak menjamin resiko ini.

Tips yang bisa saya berikan

  1. Lakukan pengecekan Polis Asuransi Anda Kembali jika Anda membeli PAKET  PRODUK Asuransi Mobil, Apakah ada Klasula perluasan akibat resiko Banjir atau Angin Topan. Penjelasan perluasan Biasanya tertulis di Ikhtisar Polis Halaman paling depan Polis asuransi Anda.
  2. Apabila ditemukan Klasula yang di maksud diatas, baca lebih detail lampiran wording asuransi klasula tersebut apakah sudah lengkap termasuk resiko angin topan.
    • Contoh resiko ini karena angin topan adalah ketika kendaraan Anda di parkir disuatu tempat kemudian tiba-tiba ada ranting pohon atau Baliho Roboh sehingga menimpa kendaraan Anda
  3. Apabila belum segera mintakan ke Agent atau hubungi  call center perushaan penerbit polis asuransi Anda untuk melakukan Endorsment penambahan perluasan tersebut. Biasanya akan di kenakan tambahan sedikit premi dan dihitung dari sisa periode polis yang masih akan berjalan
  4. Pastikan dan tanyakan ke Call Center atau Agen Anda untuk memastikan bahwa polis Anda sudah mendapatkan perluasan Jaminan tersebut .

Ingat bahwa tujuan kita membeli Polis asuransi adalah untuk melindungi Asset kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan, untuk itu agar Anda tidak menyesal kemudian apabila Resiko diatas menimpa kendaraan Anda lebih baik lakukan pengecekan dan tambahan perluasan bila belum ada.

 

Semoga bermanfaat.

Salam,

Agus Wibisono

  • Qualified Insurance Pratice
  • Bersertifikasi Ahli Asuransi Kerugian Indonesia
  • Bersertifikasi Ahli Pialang Asuransi Indonesia
  • Berlisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia
  • Belinsensi Asosiasi Asuransi Kerugian Indonesia

 

Related posts:

What Next?

Related Articles