Headline

Apa Itu Surety Bond ?

Apa itu surety Bond ?,  Apakah ada kaitannya dengan Film terbaru James Bond yang berjudul SKYFALL… :-)

tentu saja tidak. Surety Bond yang akan kita bicarakan disini adalah salah satu produk asuransi yang banyak di gunakan oleh  kontraktor dalam melaksanakan suatu proyek.

Defisini lengkapnya begini Penjaminan atas suatu resiko dalam bentuk perjanjian tambahan terhadap perjanjian pokok/kontrak yang diberikan oleh “Penjamin” (Surety) yaitu Perusahaan Asuransi, kepada “Kontraktor” (Prinsipal) atas kesanggupannya untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan ketetuan yang ada dalam perjanjian pokok (Kontrak) yang dibuat antara pemilik proyek (Obligee) dengan Prinsipal, dan apabila Prinsipal tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan ketentuan dalam kontrak, maka Surety akan membayar ganti rugi kepada Obligee sebesar maksimum Nilai Jaminan.

Mudah -mudahan mengerti ya…..

Jadi intinya Bahwa produk asuransi ini akan menjamin Kontraktor dalam melaksanakan tugas pekerjaan proyeknya kepada prinsipal sebagai pemilik proyek.

Apabila di kemudian hari Sang Kontraktor ini mengingkari ketentuan kontrak dalam proyek seperti tidak melakasankan pekerjaan sesuai kontrak atau mundur dari proyek tiba-tiba, maka polis Surety Bond ini sebagai penjaminnya yang artinya Asuransi harus membayar nilai jaminan yang telah di tentukan.

Hmmm…keren kan?

Kalo di dunia perbankan kita kenal dengan penjaminan Bank Garansi.  Kemudian apa Bedanya dengan Bank Garansi akan kita bahas selanjutnya ya…

 

Related posts:

What Next?

Related Articles